Earphone

Earphone Nirkabel Adalah Masa Depan

Beberapa tahun yang lalu, gagasan tentang earphone yang sama sekali tidak memiliki koneksi fisik antara saluran kiri dan kanan dianggap fiksi ilmiah. Kemudian datanglah produsen audio kecil Jerman bernama Bragi pada tahun 2015, dengan The Dash. Yang dipercaya sebagai earphone true wireless stereo (TWS) pertama di dunia yang tersedia secara komersial.

Meskipun earphone ini sekarang tampak sangat kuno dan tidak bertahan terlalu lama dalam menghadapi persaingan yang lebih baru dan lebih mumpuni. Mereka memang menyiapkan panggung untuk transformasi besar-besaran dalam ruang audio pribadi.

Maju cepat ke tahun 2020, dan ada sepasang earphone nirkabel sejati yang diluncurkan hampir setiap minggu. Ada opsi premium seperti Rs. 24.900 Apple AirPods Pro dan Rs. 19.990 Sony WF-1000XM3 pada kisaran harga yang lebih tinggi, dan ada pilihan seperti Truke Fit Pro yang dijual dengan harga kurang dari Rs. 1.000. Terlepas dari anggaran Anda, satu hal yang pasti – earphone nirkabel sejati adalah masa depan.

Earphone nirkabel sejati secara praktis sebagus headphone ukuran penuh. Hingga beberapa waktu tahun lalu, suara nirkabel yang baik masih sangat bergantung pada komponen besar seperti driver, konverter analog digital berkualitas, dan chip khusus dan beberapa mikrofon untuk mengaktifkan peredam bising aktif.

Era Baru Earphone Teknologi

Peluncuran dua kunci pada tahun 2019 menunjukkan bahwa Anda tidak lagi memerlukan faktor bentuk besar dari headphone over-ear untuk melakukan sesuatu dengan benar. Yang pertama adalah Sony WF-1000XM3, diikuti beberapa bulan kemudian oleh Apple AirPods Pro.

Kedua headset nirkabel sejati ini mengesankan karena satu alasan utama – peredam bising aktif berkualitas tinggi. Terlepas dari faktor bentuknya yang kecil, headset Sony dan Apple. Bersama dengan yang lainnya diluncurkan seperti Sennheiser Momentum True Wireless 2. Berhasil menawarkan peredam bising aktif yang kompetitif meskipun ukuran earphone-nya berukuran. Sekarang telah mencapai titik di mana earphone nirkabel sejati premium praktis sebagus rekan-rekan mereka berukuran penuh. Dengan harga yang hampir sama.

“Di Sony WF-1000XM3, dengan menggunakan chip QN1e yang sama dengan model peredam bising unggulan kami WH-1000XM3. Sony telah mampu memberikan kinerja peredam bising yang serupa,” kata Mani Balan, manajer produk bisnis audio di Sony India. Chip QN1e adalah versi chip QN1 pada Sony WH-1000XM3 yang peredam dimaksudkan untuk earphone nirkabel sejati, dan memang menawarkan kualitas bising aktif yang serupa meskipun faktor bentuknya lebih kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *